Kelurahan Cinta Statistik

Quickwins BPS Kota Tanjungpinang dan Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam Program Percepatan Pembinaan Statistik Sektoral 100 Desa Cinta Statistik Tahun 2021

Apa

  • Amanat UU No.16 Tahun 1997 tentang Statistik
  • Perwujudan misi kedua BPS: “Membina K/L/D/I melalui SSN yang berkesinambungan”
  • Penguatan kelembagaan BPS
  • Desa menjadi prioritas pembangunan nasional
  • Desa merupakan hulu dari berbagai pengumpulan data statistik

Mengapa

  • Pembinaan melibatkan pejabat fungsional di BPS kab/kota sebagai fasilitator (mentor/coach) bagi para agen statistik desa (perangkat desa)
  • Fasilitator mendapatkan pelatihan terlebih dahulu oleh Pusdiklat BPS
  • Pembinaan statistik berfokus kepada kebutuhan desa (menempatkan desa sebagai subjek dalam pengelolaan dan pemanfaatan data statistik)

Tentang Desa Cantik Kelurahan Kampung Bulang

Salah satu inovasi yang dilakukan BPS pada tahun 2021 yaitu melaksanakan program Pembinaan Statistik Sektoral Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi statistik pemerintah desa/kelurahan dalam rangka pelaksanaan pembangunan yang lebih baik, melalui pembinaan statistik.

Program Desa Cantik ini merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik.

Program Desa Cantik ini sejalan dengan semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. Melalui program Desa Cantik ini diharapkan nantinya sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan.

Kelurahan Kampung Bulang terpilih dalam Program Desa Cantik sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Badan Pusat Statitik Nomor 130 Tahun 2021 Tentang Program Percepatan Pembinaan Statistik Sektoral 100 Desa Cinta Statistik Tahun 2021.

Pelaksanaan Kelurahan Cantik di Kelurahan Kampung Bulang

  1. BPS selaku Pembina Data Statistik Sektoral meninjau terkait pelaksanaan data statistik sektoral yang sudah ada di Kelurahan Kampung Bulang.
  2. Berdasarkan data awal, BPS bersama dengan Pihak Kelurahan Kampung Bulang menyusun kebutuhan terkait data statistik yang perlu dilakukan perubahan dan peningkatan.
  3. BPS melaksanakan rapat koordinasi bersama Diskominfo, Bappelitbang, Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Kelurahan Kampung Bulang.
  4. BPS secara rutin mengevalusi secara berkala dan melakukan perubahan serta memberikan pembinaan statistik kepada SDM Kelurahan Kampung Bulang dalam meningkatkan kemampuan mengolah data statistik Sektoral.

Tujuan Pelaksanaan Program Kelurahan Cantik

  1. Adanya peningkatan literasi statistik di tingkat kelurahan
  2. Pemuktahiran data statistik sektoral pada Kelurahan Kampung Bulang terus berkelanjutan dan ditingkatkan sesuai kebutuhan dalam rangka pelaksanan pembangunan
  3. Data statistik pada Kelurahan Kampung Bulang dapat dijadikan sebagai contoh dan dikembangkan pada kelurahan lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang




Kegiatan Kami

Didukung oleh